1. 1. Produk : Antimo

Deskripsi : Antimo Adalah Obat antimabuk yang di produksi
oleh PT Phapros, Semarang, Indonesia. Ber diri Pada tahun 1971 dan pada tahun
2009 menggunakan kemasan bergambar.
Segmentasi
a. Geografi = Antimo menjadi leader market yang menguasai
92% pangsa pasar obat antimabuk di perjalanan.
b. Demografi = Antimo sendiri di fokuskan untuk semua usia
yang mengkonsumsinya sebagai obat antimabuk dalam sebuah perjalanan. Kemudian
harga terjangkau dapat dibeli oleh seluruh kelas social.
c. Behavioral = Antimo sudah memasuki pasar lebih 37 tahun,
orang-orang akan membeli produk yang brandnya sudah terkenal dan mudah
mengingat nama produk tersebut.
Targetting
Target pasar yang dituju yaitu di tempat seperti warung,
halte, bandara, terminal, maupun pelabuhan yang memungkinkan orang untuk
melakukan perjalanan jauh. Bagi yang tahan mabuk perjalanan juga memungkinkan
mengkonsumsi antimo, karena antimo tidak dikhususkan bagi orang yang mabuk
perjalanan. Bagi anak-anak ada juga
antimo anak dengan rasa jeruk, ini adalah strategi sederhana dan praktis dan resikonya paling rendah untuk
perusahaan.
Positioning
Antimo telah menduduki posisi Top of mind yaitu merek yang
pertama yang disebut pelanggan sebagai salah satu kategori produk tertentu. Dalam strategi line extension
yaitu memunculkan brand yang sama dangan kemasan baru untuk anak-anak, antimo
tetap menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang setia atau loyal pada brand
antimo.
2.
2. Produk : Happydent

Deskripsi : PT Perfetti Van Melle Indonesia
Segmentasi
a.
Geografi = Seluruh Indonesia, Happydent berhasil
menguasai 60% pangsa pasar untuk kategori chewing gum.
b.
Demografi = 18-35 tahun
c.
Psikografi : Kalangan Menengah ke Atas
Targetting
Ditujukan bagi pecinta permen biasanya kalangan remaja ke
atas. Kemudian happydent sebagai produk pengganti pasta gigi di mana sama
halnya membersihkan gigi tanpa menyikat. Ada dua macam brand yaitu versi White
dengan baking soda dan versi Protex dengan
kandungan xylitol. Versi White ditujukan
untuk mempertahankan warna putih alami gigi Sedangkan versi Protex membantu
mengurangi gigi berlobang (karies) dan memperkuat gigi. Versi White menyasar
kalangan remaja. Mereka mengkonsumsi ini untuk menghilangkan bau mulut,
mempertahankan gigi tetap putih, dan merasa diri lebih rileks serta lebih percaya
diri. Versi Protex Lantaran melihat kebutuhan kelompok lebih mature yang senang minum kopi dan
rokok.
Positioning
Iklan Happydent dinyatakan sebagai bentuk merek pasta gigi
namun dibuat khusus dalam bentuk permen, perkiraan positioning Iklan Happydent
juga bisa dikatakan komunikasi ke masyarakat Permen dianggap dapat merusak
gigi. Akan tetapi bagi style gaya hidup seseorang produk yang relevan ialah
semakin canggihnya teknologi semakin meningkatkan kepuasan tersendiri.
3. 3.
Produk : Minyak kayu Putih Cap Lang 
Deskripsi : PT Eagle Indo Pharma merupakan salah satu
perusahaan yang dikenal sebagai penghasil produk-produk farmasi OTC. Berdiri
sejak tahun 1973, perusahaan ini memiliki beberapa lini produk dengan merek Cap
Lang.
Segmentasi
a.
Geografi
: Biasanya Lebih dominan pada Rumah tangga, budaya orang jawa
b.
Demografi : ditujukan untuk segmen anak-anak
berusia 3–12 tahun
Targetting
Khususnya untuk anak- anak, namun Orang dewasa juga bisa
menggunakannya. Sebagai inisiatif semua kalangan bisa menggunakan produk ini.
Positioning
Obat Herbal yang Modern, dengan Brand yang sudah terkenal
dan mudah diingat.
4.
4. Produk : Autan

Deskripsi : PT Johnson Home Hygiene Products
Segmentasi
a.
Geografi = Tempat yang curah hujannya tinggi
(sering banjir) dan Lingkungan yang Kotor
b.
Demografi = Semua Umur, namun di segmen dalam
strategi line extension yaitu Autan Junior Khusus Untuk anak-anak
Targetting
Bagi yang peduli Kesehatan dan mencegah terjadinya Demam
Berdarah
Positiong
Lotion anti-nyamuk yang mengurangi resiko angka kematian yang
disebabkan oleh DBD.
5.
5. Produk : Yakult 
Deskripsi : PT Persada Yakult Indonesia
Segmentasi
a.
Geografi = Seluruh Indonesia
b.
Demografi = Semua Umur
Targetting
Bagi yang peduli Kesehatan dan Cinta Usus
Positioning
Minuman Fermentasi yang menyehatkan dengan satu-satunya
Brand yang sudah Terkenal dan tidak ada saingan Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar