Weed - Marijuana

Rabu, 19 November 2014

Segmentasi Pasar



1.       1. Produk : Antimo                                                       
Deskripsi : Antimo Adalah Obat antimabuk yang di produksi oleh PT Phapros, Semarang, Indonesia. Ber diri Pada tahun 1971 dan pada tahun 2009 menggunakan kemasan bergambar.

Segmentasi
a. Geografi = Antimo menjadi leader market yang menguasai 92% pangsa pasar obat antimabuk di perjalanan.
b. Demografi = Antimo sendiri di fokuskan untuk semua usia yang mengkonsumsinya sebagai obat antimabuk dalam sebuah perjalanan. Kemudian harga terjangkau dapat dibeli oleh seluruh kelas social.
c. Behavioral = Antimo sudah memasuki pasar lebih 37 tahun, orang-orang akan membeli produk yang brandnya sudah terkenal dan mudah mengingat nama produk tersebut.
Targetting
Target pasar yang dituju yaitu di tempat seperti warung, halte, bandara, terminal, maupun pelabuhan yang memungkinkan orang untuk melakukan perjalanan jauh. Bagi yang tahan mabuk perjalanan juga memungkinkan mengkonsumsi antimo, karena antimo tidak dikhususkan bagi orang yang mabuk perjalanan. Bagi anak-anak  ada juga antimo anak dengan rasa jeruk, ini adalah strategi sederhana dan  praktis dan resikonya paling rendah untuk perusahaan.

Positioning
Antimo telah menduduki posisi Top of mind yaitu merek yang pertama yang disebut pelanggan sebagai salah satu kategori  produk tertentu. Dalam strategi line extension yaitu memunculkan brand yang sama dangan kemasan baru untuk anak-anak, antimo tetap menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang setia atau loyal pada brand antimo.

2.       2. Produk : Happydent                                                             
Deskripsi : PT Perfetti Van Melle Indonesia
Segmentasi
a.       Geografi = Seluruh Indonesia, Happydent berhasil menguasai 60% pangsa pasar untuk kategori chewing gum.
b.      Demografi = 18-35 tahun
c.       Psikografi : Kalangan Menengah ke Atas


Targetting
Ditujukan bagi pecinta permen biasanya kalangan remaja ke atas. Kemudian happydent sebagai produk pengganti pasta gigi di mana sama halnya membersihkan gigi tanpa menyikat. Ada dua macam brand yaitu versi White dengan baking soda dan versi Protex dengan kandungan xylitol. Versi White ditujukan untuk mempertahankan warna putih alami gigi Sedangkan versi Protex membantu mengurangi gigi berlobang (karies) dan memperkuat gigi. Versi White menyasar kalangan remaja. Mereka mengkonsumsi ini untuk menghilangkan bau mulut, mempertahankan gigi tetap putih, dan merasa diri lebih rileks serta lebih percaya diri. Versi Protex Lantaran melihat kebutuhan kelompok lebih mature yang senang minum kopi dan rokok.

Positioning
Iklan Happydent dinyatakan sebagai bentuk merek pasta gigi namun dibuat khusus dalam bentuk permen, perkiraan positioning Iklan Happydent juga bisa dikatakan komunikasi ke masyarakat Permen dianggap dapat merusak gigi. Akan tetapi bagi style gaya hidup seseorang produk yang relevan ialah semakin canggihnya teknologi semakin meningkatkan kepuasan tersendiri.

3.     3.  Produk : Minyak kayu Putih Cap Lang                             
Deskripsi : PT Eagle Indo Pharma merupakan salah satu perusahaan yang dikenal sebagai penghasil produk-produk farmasi OTC. Berdiri sejak tahun 1973, perusahaan ini memiliki beberapa lini produk dengan merek Cap Lang.

Segmentasi
a.       Geografi  : Biasanya Lebih dominan pada Rumah tangga, budaya orang jawa
b.      Demografi : ditujukan untuk segmen anak-anak berusia 3–12 tahun
Targetting
Khususnya untuk anak- anak, namun Orang dewasa juga bisa menggunakannya. Sebagai inisiatif semua kalangan bisa menggunakan produk ini.

Positioning
Obat Herbal yang Modern, dengan Brand yang sudah terkenal dan mudah diingat.

4.       4. Produk : Autan                                                                                   
Deskripsi : PT Johnson Home Hygiene Products

Segmentasi
a.       Geografi = Tempat yang curah hujannya tinggi (sering banjir) dan Lingkungan yang Kotor
b.      Demografi = Semua Umur, namun di segmen dalam strategi line extension yaitu Autan Junior Khusus Untuk anak-anak

Targetting
Bagi yang peduli Kesehatan dan mencegah terjadinya Demam Berdarah

Positiong
Lotion anti-nyamuk yang mengurangi resiko angka kematian yang disebabkan oleh DBD.

5.       5. Produk : Yakult                                                                                 
Deskripsi : PT Persada Yakult Indonesia

Segmentasi
a.       Geografi = Seluruh Indonesia
b.      Demografi = Semua Umur

Targetting
Bagi yang peduli Kesehatan dan Cinta Usus



Positioning
Minuman Fermentasi yang menyehatkan dengan satu-satunya Brand yang sudah Terkenal dan tidak ada saingan Industri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar